Kamis, 12 Februari 2015

bagai ilmu padi "semakin berisi semakin merunduk"

sering kita mendengar peribahasa bagai ilmu padi "semakin berisi semakin merunduk" yang mengajarkan untuk tidak angkuh,sombong dan arogan denga apa yang kita miliki,peribahasa itu juga mengatakan bahwa semakin kita diatas bukan berarti kita semakin congkak dan arogan melainkan harus semakin merunduk rendah hati.
namun jika peribahasa itu kita lihat dari sisi problematika jaman sekarang akan terlihat jelas bahwa nilai dari peribahasa itu sudah benar benar dilupakan atau bahkan memang sudah dihilangkan, untuk menjadi seperti padi memang susah karena hakikatnya rasa sombong dalam diri manusia itu selalu ada bahkan dari kita masih kecil.
untuk menerapkan peribahasa itu dalam kehidupan sehari hari bukanlah hal yang mudah, kenapa? karena terkadang diri sendiri kalah dengan nafsu dan ego untuk selalu dapat tampil yang paling luar biasa yang akhirnya membawa diri sendiri ke dalam putaran arus kesombongan. memang sulit untuk dihindari unuk terbebas dari rasa sombong. mungkin hanya dengan mengingat sang pencipta ALLAH lah kita bisa sedikit lepas dari rasa sombong dan menerapkan arti ilmu padi ke dalam kehidupan.
manusia memang terkadang lupa jika semakin berisi itu harus semakin berisi bukan malah mendongak dan arogan dengan kelebihan yang diperoleh dari sang pencipta
peribahasa ini mengingatkan pada sebuah firman ALLAH yang berbunyi:
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. LUQMAN [31 ; 18]
dari sebuah ayat diatas sudah ditulis jelas untuk tidak "mendongak" namun senantiasa merunduk karena kita sebagai manusia tidak berhak untuk sombong dihadapan sang khaliq.
kita diberi kelebihan bukan untuk mendongak,diberi jabatan tinggi tidak untuk arogan diberi segalanya hanya untuk merunduk rendah hati,menolong sesama yang membutuhkan dan senantiasa mengingat bahwa masih ada langit diatas langit.
ilmu padi memang sangat bermakna bukan hanya sebagai makanan pokok namun juga memberi filosofi kehidupan yang indah yang bahkan juga telah dituliskan dalam al-quran. dan ilmu padi mengajarkan untuk selalu berbagi,menolong rendah hati dengan apa yang kita miliki bahkan saat kita berada diatas sang padi mengajarkan untuk terus memandang ke bawah.

1 komentar: